Inilah 3 Kampus Terbaik di Indonesia, Sudah Masuk 300 Kampus Terbaik Sedunia

STAI Nurul Hidayah Berikut adalah tiga kampus perguruan tinggi negri atau PTN indonesia yang sudah masuk ke dalam daftar tiga ratus kampus terbaik di indonesia versi WUR tahun ini. Dalam tiga ratus kampus terbaik versi QS Wur tahun ini terdapat tiga kampus PTN perguruan tinggi yang berhasil masuk dalam kumpulan tersebut.

Data yang diambil yaitu berupa analisis belasan juta dari makalah akademik dan pendapat dari ahlinya lebih dari dua ratus ribu lebih fakultas akademik dan pemberi kerja. Pada tahun ini ada tiga PTN di indonesia yang berhasil ikut memeriahkan deretan tiga ratus besar dunia dan di nilai dari tiga indikator terbaru yaitu keternagakerjaan, keberlanjutan, dan jaring riset internasional.

Dari ketiga indikator pertama telah di sebutkan dan sudah di bagi lagi menjadi sembilan indikator penilaian yaitu Employer Reputation, Academic Reputation, Faculty Student Ratio, Faculty Ration, Student Ratio, Research Network, Employment Outcomes serta Sustainability.

Pada semua atau keseluruhan indikator juga menekankan komitmen kepada keberlanjutan masing masing di perguruan tinggi

Kampus Terbaik di Dunia

Berikut Tiga PTN di indonesia yang sudah berhasil menduduki peringkat tiga ratus kampus terbaik sedunia versi WUR tahun ini.

Universitas Indonesia (Ranking 237 di dunia)

Pada tahun ini, Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat ketiga di Indonesia dan peringkat ke-248 di dunia. Namun, kali ini UI mampu naik peringkat dan menjadi universitas terbaik nomor satu di Indonesia versi QS WUR 2024. 

Sebelumnya juga disebutkan bahwa UI berada di peringkat 237, tertinggi di dunia, yang berarti naik 11 peringkat pada tahun ini. Di tingkat Asia, UI berada di peringkat ke-55.

Universitas Gadjah Mada (Ranking 263 di dunia)

Setelah menduduki peringkat teratas dalam peringkat QS WUR untuk universitas-universitas terbaik di Indonesia tahun lalu, UGM turun ke peringkat kedua di tingkat nasional.

Sementara itu, di tingkat Asia, UGM berada di peringkat ke-59 dengan skor keseluruhan 38 pada tahun 2024. Sementara itu, berdasarkan QS WUR 2023 tahun lalu, total skor UGM di tingkat global adalah 231.

Institut Teknologi Bandung (Ranking 281 di dunia)

Pada tahun ini , kampus perguruan tinggi di bandung ini telah mendapatkan peringkat 281 di level dunia , sedangkan pada tahun kemaren , institut teknologi bandung atau biasa disebut ITB sempat menduduki posisi ke 235 level asia.